Banyak faktor yang menjadi penyebab kurang berkembangnya Usaha Kecil
Menengah (UKM) yang ada di masyarakat. Salah satu faktor penghambat
perkembangan usaha tersebut adalah kurangnya promosi dan sarana untuk promosi.
Sehingga produk yang dihasilkan kurang dikenal masyarakat yang berdampak secara
langsung terhadap omset yang dihasilkan dan kelangsungan hidup UKM tersebut.
Banyak UKM yang sudah lama berdiri tetapi stagnan, bahkan bisa dikatakan hidup
segan matipun tak mau. Karena itu sangat diperlukan untuk mencari solusi metode
promosi yang murah, efisien dan efektif. Era teknologi informasi dan komunikasi
membuat segalanya menjadi mudah dalam mencari, menjual, promosi produk dan
berbagi informasi. Era digital telah mengubah perilaku pasar, baik penjual
maupun konsumen sendiri. Internet dan sosial media sudah menjadi keharusan yang
harus diketahui oleh para pelaku pasar agar tidak kalah dalam mempromosikan
produk, menjual jasa dan mencari calon konsumen. Ironisnya banyak UKM di negeri
kita yang masih menggunakan cara-cara konvensional dalam menjual dan
mempromosikan produknya. Dengan alasan tersebut proposal ini dimaksudkan untuk
melatih UKM-UKM supaya melek teknologi, bisa memanfaatkan internet, sosmed, dan
blog sebagai sarana menganalisa pasar dan promosi produk-produk mereka. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini terbagi menjadi 3 topik, yaitu pelatihan online marketing di sosial media,
pelatihan menjual produk di toko maya seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya,
dan yang terakhir adalah pelatihan pembuatan e-commerce website atau blog. Diharapkan solusi ini mampu meningkatkan pengetahuan
pemilik UKM tentang internet (online) marketing sehingga dapat menaikkan omset
penghasilan dan kesejahteraan mereka.
No comments:
Post a Comment